REPUBLIKA.CO.ID, Menurut Ustaz M Ihsan Tanjung, sedikitnya tiga
tahap pendidikan anak dalam Islam.
Pertama tahap bermain, dimulai dari usia 0 sampai kira-kira 7 tahun.
Kedua tahap penanaman adab atau disiplin, dari 7 - 14 tahun.
Ketiga tahap persahabatan, yakni saat anak berusia 14 tahun ke atas.
Tahap yang terakhir ini dapat digolongkan sebagai remaja. Di usia seperti ini, mereka perlu didekati dengan pendekatan dan menjadikan anak sebagai sahabat.
Secara garis besar, jelas Ihsan, ada 5 macam metode pendidikan dalam Islam.
Yakni, melalui
Pertama tahap bermain, dimulai dari usia 0 sampai kira-kira 7 tahun.
Kedua tahap penanaman adab atau disiplin, dari 7 - 14 tahun.
Ketiga tahap persahabatan, yakni saat anak berusia 14 tahun ke atas.
Tahap yang terakhir ini dapat digolongkan sebagai remaja. Di usia seperti ini, mereka perlu didekati dengan pendekatan dan menjadikan anak sebagai sahabat.
Secara garis besar, jelas Ihsan, ada 5 macam metode pendidikan dalam Islam.
Yakni, melalui
- keteladanan,
- pembiasaan,
- pemberian nasihat atau pengarahan,
- mekanisme kontrol,
- hukuman sebagai pengamanan terhadap hasil-hasil proses pendidikan tersebut.
Di era sekarang ini, menurut Ihsan, kebaikan bertaburan di mana-mana,
sebagaimana juga kejahatan bertaburan di mana-mana. Karena itu, anak
harus diarahkan. `'Kita harus mendidik anak-anak dengan kemandirian,''
tuturnya.
http://www.republika.co.id/berita/humaira/samara/13/06/17/moina6-lima-metode-mendidik-anak-menurut-islam
http://www.republika.co.id/berita/humaira/samara/13/06/17/moina6-lima-metode-mendidik-anak-menurut-islam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar